Hubungan Kemampuan Menggambar Bentuk dan Perspektif dengan Kemampuan Melukis di SMA Negeri Unggul Subulussalam

Heri Syahputra(1), Sugito Sugito(2),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan menggambar bentuk dan perspektif dengan kemampuan melukis. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Unggul Subulussalam dengan jumlah sampel 150 siswa dan sampel yang diambil adalah kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa, sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan correlational research. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menggambar bentuk dan menggambar perspektif dengan kemampuan melukis, yang dibuktikan dengan Fhitung = 3,67 dan Ftabel untuk derajat kebebasan (dk) = n-k-1 = 27 pada taraf nyata (α) = 0,05 Ftabel = 3,35 ternyata Fhitung > Ftabel (3,67 > 3,35). Besar hubungan antara kemampuan menggambar bentuk dan perspektif terhadap kemampuan melukis yaitu berkorelasi 0,46, dan besar sumbangan atau kontribusi yaitu sebesar 21%.


Keywords


Hubungan; Menggambar; Bentuk; Perspektif; Melukis.

Full Text:

PDF

References


Agustin, T., & Ibrahim, A. (2020). Analisis Kaligrafi Kontemporer Dari Aspek Keterbacaan Huruf Dan Warna. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 187-192. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.251

Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalimunthe, LE. (2019). Hubungan Kemampuan Menggambar Bentuk dan Menggambar Ornamen Dengan Hasil Belajar Modifikasi Motif Ornamen Batak Angkola Pada Siswa SMP Negeri 28 Medan. Gorga: Jurnal Seni Rupa. Vol 8 (1): 3.

Milasari, dkk. (2018). Seni Budaya SMP Kelas 9 K13 Revisi : Seni Lukis. Semarang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mustika, A., & Erdansyah, F. (2020). Analisis Ornamen (Gerga) Tradisional Karo pada Bangunan Kantor Bupati Karo Kabupaten Karo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 161-70. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.243

Paramita, N., Azmi, A., & Azis, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Buah Teknik Krayon. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 171-177. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.245

Risvantry, U., & Erdansyah, F. (2020). Analisis Desain Brosur Pendidikan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al – Munadi Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 153-160. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.242

Rusdi, L., Soeprayogi, H., & Mesra, M. (2020). Kerajinan Anyaman Bambu Di Sanggar Kreatif “Bunga Matahari†Kelurahan Rambung Barat Kecamatan Binjai Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 133-140. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.216

Saulaka, O., Mesra, M., & Daulat, D. (2020). Analisis Kerajinan Boneka Berbahan Koran Bekas Produk Galeri J-ART. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 294-300. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.205

Sinaga, D., & Triyanto, R. (2020). Tinjauan Ilustrasi Cover Novel Harry Potter Edisi Indonesia Karya Nicolas Fiber Ditinjau Dari Elemen Visual. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 265-272. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.292

Sudjana. (2016). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugito & Harahap, S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Seni Rupa. Medan: UNIMED PRESS.

Sugito, dkk. (2020). Statistik Pendidikan Seni Rupa. Medan: UNIMED PRESS.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, D. (2020). Korelasi antara Kemampuan Menggambar Sketsa dan menggambar Perspektif dengan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Medan. Gorga: Jurnal Seni Rupa. Vol 9 (1): 5-12

Utami, A., Soeprayogi, H., & Azis, A. (2020). Pembuatan Kerajinan Bunga Berbahan Kulit Jagung Ditinjau dari Prinsip-prinsip Seni Rupa dan Kerajinan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 260-264. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.282

Utoyo, J., Priyatno, A., & Azis, A. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Seni Rupa Pada Kaligrafi Di Masjid Baiturrahman Unimed. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 419-426. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.330




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License