Implementasi Metode Value Clarification Technique pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, S. (2012) Pembelajaran Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ahmadi, L.K. (2016) Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. 5th edn. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya Publisher.
Al-Lamri, Hamid, I. and Istianti, T. (2006) Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjendikti.
Aptama (2010) Manajemen Administrasi Rumah Sakit. 3rd edn. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Barth, J. (1990) Methods of Instruction in Social Studies Education. New York: University Press of America.
Budiningsih, C.A. (2004) Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Djahiri, A.K. (1985) Strategi Pengajaran Afektif Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung: Granesia.
Hakim, Z.R., Taufik, M. and Atharoh, M. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri Cimanis 2 Sobang Pandeglang’, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 1(1), pp. 31–38. doi:10.33751/jppguseda.v1i01.869.
Hall, B. (1973) Values Clarification as Learning Process. New York: Paulist Press.
Munastiwi, E. (2015) ‘Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)’, AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, Vol. 1 (2). Available at: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1087 (Accessed: 22 January 2021).
Nasution (2006) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2010) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Sanjaya, W. (2011) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sapriya (2009) Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaranya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardjiyo (2007) Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sartika and Munastiwi, E. (2019) ‘Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta’, Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), pp. 35–50. Available at: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2567 (Accessed: 22 January 2021).
Saryono and Rithaudin, A. (2011) ‘Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (Tgfu) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pendidikan Jasmani’, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2). doi:10.21831/jpji.v8i2.3494.
Savage, T. and David, A. (1996) Effective Teaching In Elementary Social Studies. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Seran, E.Y. and Cahyani, V. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Terhadap Hasil Belajar Afektif Pelajaran Ips’, Jurnal Pekan : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), Pp. 10–19. Doi:10.31932/Jpk.V3i1.138.
Simon, S. (1972) Values Clarification, A Handbook of Practical Strategies for Teachers and Students. New York: Hart Publising Company.
Solihatin, E. and Raharjo (2008) Cooperatife Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. 1st edn. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulfemi, W.B. and Badar, D.S. (2014) ‘Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.’, Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan : Edutecno., Volume 10 Nomor 1.
Sulfemi, W.B. and Mayasari, N. (2019) ‘Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips’, Jurnal Pendidikan, 20(1), Pp. 53–68. Doi:10.33830/Jp.V20i1.235.2019.
Sulfemi, W.B. and Setianingsih (2018) ‘Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS’, PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 151–158. Available at: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/229 (Accessed: 21 January 2021).
Sutaryanto (2015) ‘Penerapan Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Film Dokumenter Dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Premiere Educandum, Volume 5 Nomor 2. doi:10.25273/pe.v5i02.287.
Taniredja, T. (2011) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, T., Faridli, E.M. and Harmianto, S. (2011) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, A.T. (2013) ‘Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique (Vct) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar’, SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). doi:10.21831/socia.v10i1.5343.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License