Hubungan Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal dengan Motivasi Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah, Y. (2012). Hubungan Konsep Diri Terhadap Motivasi Belajar Remaja Di Panti Asuhan Sabilul Ulum AlHidayah Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Baralihan, T. (2015). Hubungan antara Intensitas Komunikasi Interpersonal dengan Motivasi Belajar. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Baron, R. A. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Djaali (2012). Pisikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kamila, Karina M. W., dan Wulan D. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal JKFT. 3 (2):1-6.
Kompri. (2017). Belajar, Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Kurniawan, M., Arif, E., & Asmawi, A. (2021). Hubungan antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 485-493. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.683
Latief, H.M. (2017). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma N 1 Sentolo Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.
Minarsi, Herman N, dan Yarmis. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Universitas Negeri Padang. 3 (2):1-14
Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri: Pembekalan dan Penerapannya. Surakarta: UNS Press.
Pamilih, P. H., Nurnawati, H., dan Siswanta. (2017). Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Belajar (Studi tentang Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa dan Orangtua-Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Kristen 1 Sragen). Transformasi. 1 (32):1-75.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi UM Metro. 3(1): 73-82.
Suranto Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suharyanto, A. Matondang, A. Walhidayat, T. (2017). The Interpersonal Communication of the Chinese Ethnic Families in Cheng Beng Ceremony in Medan, Indonesia. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 22(12)Ver.4:38-44.
Syafrizaldi. (2018). Hubungan Konsep Diri dengan Minat Wirausaha pada Mahasiswa Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 1 (2): 75-80.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Semarang: CV Aneka Ilmu.
Wijaya, I. H. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Tunas Karya Batang Kuis Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License