Hubungan Kecerdasan Emosi dan Pola Asuh Demokratis Orang tua dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, T. (2021). Kinerja Karyawan Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional dan Pelatihan Kerja pada PT. Adi Sarana Arma, Tbk. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1210-1218. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.527
Afwina, R. (2019). Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial, dan Stres Kerja Dokter Residen di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 2 (2): 229-236.
Anggraini, L. Y., & Muti'ah, T. (2012). Prestasi Akademik Siswa Ditinjau Dari Prokrastinasi Dan Persepsi Anak Pada Pola Asuh Orang Tua di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Spirits, 3(1), 65-75.
Balai Pustaka. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta, Depdikbud.
Baumrind. (2004). Pola asuh otoritas orang tua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. (Ebook)
Bruno, F.J. (1998). Stop Procrastinating. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Burka, J.B., & Yuen, L.M. (1983). Procrastination: Why you do it. What to do about it. New York: Perseus Books.
Dirmahasiswa.uma.ac.id, (dikases pada tanggal 17 Maret 2021).
Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ferrari, J.R., & Ollivete. 2007. Academic Anxiety, Academic Procrastination, and Parental Involvement in Students and Their Parent. http://www.Yosh.ac.il/syllabus/behave/academic.doc.
Ferry, Elvinawanty, R, & Manurung, Y.S. (2019). Kecanduan Internet ditinjau dari Kecerdasan Emosi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 2 (1): 47 - 54.
Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences, Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktik. Tangerang Selatan: Interaksara.
Goleman, D. (2009). “Kecerdasan Emosionalâ€. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gündüz, G. F. (2020). The Relationship between Academic Procrastination Behaviors of Secondary School Students, Learning Styles and Parenting Behaviors. International Journal of Contemporary Educational Research, 7(1), 253-266.
Haq, A.H. (2011). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Empati Pada Anak Sekolah Inklusi dan Non-Inklusi. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.
Hen, M., & Goroshit, M. (2014). Academic self-efficacy, emotional intelligence, GPA and academic procrastination in higher education. Eurasian Journal of Social Sciences, 2(1), 1-10.
Hurlock, E.B. (2019). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Jannah, M., (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Universitas Surabaya Vol. 04 No. 3.
Johnson, J. & McCown, W. (1995). Procrastination and Task Avoidance. New York, USA: Plenum Press.
Kamran, W., & Fatima, I. (2013). Emotional intelligence, anxiety and procrastination in intermediate science students. Pakistan Journal of social and clinical psychology, 11(2), 3.
Kartadinata, I., dan Tjundjing, S, (2007). I Love You Tummorow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Jurnal Psikologi Universitas Surabaya Vol. 23, No 2.
Knaus, E. (1992). Lakukan segera: Motivasi Dasar untuk Menumbuhkan Semangat Bekerja dan Bertindak (cetakan ketiga). Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Mahasneh, A. M., Bataineh, O. T., & Al-Zoubi, Z. H. (2016). The relationship between academic procrastination and parenting styles among Jordanian undergraduate university students. The Open Psychology Journal, 9(1).
Manurung, E.M & Dachi, T.A (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Anxiety Reduction Pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Institut Kesehatan Helvetia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 2 (2): 195-202.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rumiani, R. (2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stres mahasiswa. None, 3(2), 128210.
Sirois, F. M. (2004). Procrastination and intentions to perform health behaviors: The role of self-efficacy and the consideration of future consequences. Personality and Individual differences, 37(1), 115-128.
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (2) (2015): 162-165.
Suharyanto, A., Fernanda, F., Jamaludin, J., Hodriani, H., Wiflihani, W., Muhajir, A., & Lubis, Y.A., (2021), School Readiness in the New Normal Era of Online Teaching and Learning at Junior High School, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Sao Paulo, Brazil, April 5 - 8, 2021.
Suharyanto, A., Nazarudin, Nguyen, P.T., Abrar, A.I.P., Rusli, R. (2019). Preparation the Road Student Future Learning Process Takes in Vocational Education. Opcion
Tjundjing, S. (2006). Apakah Prokrastinasi Menurunkan Prestasi? Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Psychological Journal, 22(1), 17-27.
Wahyuningsih, A. S. (2004). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II smu lab school jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Persada Indonesia.
Yemima. (2008). Hubungan Asertivitas dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License