Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Online Pada Toko Online Shop (Studi Kasus Di Kalangan Pemillik Toko Online)
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram yang dipillih Sebagai media pemasaran oleh para pemilik toko online. Masalah difokuskan pada bagaimana fitur-fitur Instagram digunakan untuk promosi, serta dampak positif dan negatif yang dirasakan oleh para pemilik toko online. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan secara objektif, mendalam dari hasil yang diperoleh di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan data observasi, wawancara kepada sejumlah informan, dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Kajian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran online pada toko online shop sesuai dengan teori yang ada. Para pemilik toko online mengakui bahwa Instagram sangat berpengaruh besar dalam pemasaran mereka, dengan memanfaatkan fitur seperti upload foto, video, caption, like, dan hashtag. Dampak positifnya adalah kemudahan dalam mencari pelanggan karena Instagram sangat populer. Namun, dampak negatifnya meliputi tidak adanya hak cipta gambar, kebutuhan kuota besar, dan sinyal yang kuat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, A., & Rusfian, E. Z. (2020). Eksplorasi Aspek – aspek Penghambat Penerimaan User Telemedicine
pada Daerah Tertinggal di Indonesia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),
(2), 671–681. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.393
Arwanto, C. P. V., & Wibawani, S. (2022). Implementasi Smart Economy Dalam Pemberdayaan Industri Kecil
Menengah Kota Kediri Menuju Smart City. Perspektif, 11(2), 451–459.
https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5817
Fadhilah, A. R., & Berliana, R. K. (2022). Strategi Komunikasi Marketing Produk Perawatan Kulit Bloomka
dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),
(4), 2604–2614. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1140
Halmiaty, N., Haris, A., & Suharyanto, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Agrowisata Paloh Naga Desa
Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. 5(2), 165–173.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i2.2916
Hidayat, O. S., Kholis, A., Hanu, L., & Sibarani, C. G. G. T. (2022). Case Study Method dan Problem Based
Learning Sebagai Model Pembelajaran Digital terhadap HOTS Learning Guru Akuntansi di Masa Era
Revolusi Industri 4.0. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2642–2648.
https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1171
Indri, M., Milfayetty, S., & Astuti, R. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Dan Sikap Kooperatif Melalui
Permainan Tradisional Tam Tam Buku. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 4(1), 44–52.
https://doi.org/10.31289/tabularasa.v4i1.945
Kusmanto, H., Warjio, W., & Kurniaty, E. Y. (2022). Evaluasi Strategi E-Commerce sebagai Upaya Penguatan
Ekonomi pada Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia. Perspektif, 11(2), 443–450.
https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5812
Mawasti, W., & Amalia, R. R. (2022). Integrasi Pendekatan Masalah Sosial dan Aset Komunitas Dalam
Memberdayakan Masyarakat Desa di Era 4.0. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences
(JEHSS), 4(3), 1735–1745. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.946
Melni, A., Hasibuan, E. Y., & Suharyanto, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran @ Lapo Mandailing Coffee
Pada Media Sosial Instagram di Kecamatan Panyabungan Marketing Communication Strategy @ Lapo
Mandailing Coffee in Social Media Instagram at Panyabungan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi
Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1), 12–17.
Nasution, I. R., & Sartini, S. (2020). Pelatihan Akuntansi dan Pelatihan Penggunaan Bahan Pengawet kepada
Pengusaha Home Industri Roti Kacang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),
(3), 573–577. https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.117
Prayoga, G. A. S., & Febriana, P. (2022). Strategi Promosi Dengan Model K-pop Untuk Meningkatkan
Penjualan Pada E-commerce Tokopedia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),
(2), 848–854. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1249
Sari, A. L. (2022). Narasi Industri Pemasaran dan Konsumen Baru: Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial
dan Perilaku Pencarian Informasi Kalangan Milenial dan Centenial. Perspektif, 11(2), 700–709.
https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.6163
Simarmata, H. M. P., & Saragih, R. S. (2020). Destination Image as a Strategy to Increase the Number of
Tourists for Lake Toba “Monaco of Asia” in Samosir Regency. Journal of Education, Humaniora and
Social Sciences (JEHSS), 3(2), 533–537.
Sinuhaji, V. V., Siregar, N. S. S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan
Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif
Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu
Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 105–118. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.159
Sinuhaji, V. V., Siti, N., Siregar, S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ( Studi Deskriptif Kualitatif
Wisata Bukit Gundaling Berastagi ) Marketing Communication Activities of the Karo District Tourism
and Cultu. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 105–
Sudin, P. P., Magdalena, R., Priowirjanto, E. S., & Soeikromo, D. (2022). Penyalahgunaan Akun Instagram
Perihal Penipuan Jual Beli Secara Online Ditinjau dari UU ITE dan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 20–26.
https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.842
Syarif, M., Hartono, B., & Isnaini, I. (2023). Implementasi Sistem Online Single Submission Risk Basic
Approach (OSS RBA) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal Dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Tamiang. Journal of Education, Humaniora and Social
Sciences (JEHSS), 5(4), 3102–3111. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1768
Tanjung, D. A., & Munte, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Bata Ringan Kepada Home Industri Batu Bata
Konvensional Guna Mendukung Program Pemerintah 1 Juta Rumah Bersubsidi. Journal of Education,
Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 2(3), 578–582. https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.116
Tiar Sirait, F. E. (2020). Manusia Dan Teknologi: Perilaku Interaksi Interpersonal Sebelum dan Sesudah
Media Digtal. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 524–532.
https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.366
Zafallah, Y., Wibowo, K. A., & Fuady, I. (2022). Analisis Isi Penggunaan Facebook dalam Marketing dan
Branding Produk Kecantikan Scarlett dan Skin Dewi. Journal of Education, Humaniora and Social
Sciences (JEHSS), 5(2), 1048–1059. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Communication and Cultural Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Communication and Cultural Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License