Interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery dengan gaya belajar mahasiswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis

Ade Evi Fatimah(1), Azrina Purba(2),


(1) STKIP Al-Maksum Langkat
(2) STKIP Al-Maksum Langkat

Abstract


This study aims to determine whether there is an interaction between the Inquiry and Discovery learning models with learning styles on the mathematical critical thinking skills of students of the STKIP Al Maksum Science Education study program in basic mathematics courses. This research was conducted in the even semester of the 2021-2022 academic year with a population of 109 students and a sample of 80 students. The research instrument used was in the form of mathematical critical thinking ability test questions. The research method used is a correlational method with a quantitative approach. This study used a quasi-experimental design. The research data were processed and analyzed using the 2x2 ANOVA statistical test. The results of the study show that there is an interaction between the Inquiry and Discovery learning models with learning styles on the mathematical critical thinking skills of Science Education students.

Keywords


Guided inquiry; discovery; learning style; mathematical critical thinking

Full Text:

PDF

References


Afnia, S. N., & Setyawan, F. (2021). Analysis of critical thinking ability in solving mathematical problems in terms of student learning style. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 4(2), 103-116

Aprilianingrum, D. & Wardani, K. W. (2021). Meta analisis: Komparasi pengaruh model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006-1017

Damayanti, I., Ambarita, A., & Nurhanurawati. (2022). Pengembangan LKPD matematika berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1028-1036

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal IKA, 7(2), 64-73

Fatimah, A. E., & Fitriani, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari resiliensi matematis mahasiswa pendidikan teknik informatika dan komputer. Journal of Didactic Mathematics, 2(2), 94-100. Doi: 10.34007/jdm.v2i2.871

Ismiati, D., Nugraha, D. A., & Mansyur, M, Z. (2021). Pengaruh gender dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik. Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 82-92. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Kurniawan, Y. D. A., Utomo, D. H., & Insani, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X IPS SMAN 1 Genteng. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 81-88. DOI: 10.17977/um063v2i12022p81-88

Levina, J., Yarmi, G., & Soekisno, R. B. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe think-pair-share ditinjau dari gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD ABC. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 18(1), 97-113. DOI: dx.doi.org/10.19166/pji.v18i1.4406

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Oktaviani, W., Kristim, F., & Anugraheni, I. 2018. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5-10

Pangesti, W. & Radia, E. H. (2021). Meta analisis pegaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Elementary School, 8(2), 281-286

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94;

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321-1328

Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap sikap ilmiah rasa ingin tahu peserta didik sekolah dasar pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1). 797-802

Shandra, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 692-699

Sholihah, A., Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2021). Kemampuan berpikir reflektif dan kritis matematis peserta didik smk berdasarkan gaya belajar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 169-180. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11326

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53-63

Yuliana, N. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-28

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 325-332. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332




DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i1.1163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Didactic Mathematics

Mahesa Research Center