Penerapan model direct instruction berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
(1) STKIP Insan Madani Airmolek, Indragiri Hulu, Riau, Indonesia, 29352
(2) Universitas Bina Bangsa, Kota Serang Banten, Indonesia, 42124
(3) Universitas Bina Bangsa, Kota Serang Banten, Indonesia, 42124
(4) Universitas Bina Bangsa, Kota Serang Banten, Indonesia, 42124
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, W. A., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran matematika materi bangun datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 288-294. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19498
Agustina, R. L., & Hidayatullah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran direct instruction dipadukan dengan snowball drilling untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Jejangkit Muara 2. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 136-145. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.100
Amintoko, G. (2020). Model pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar definisi limit bagi mahasiswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 7-12. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.549
Anzar, Z., Arvyaty, A., Busnawir, B., & Fahinu, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-54. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5643
Argawi, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Dinissjah, M. J., Nirwana, N., & Risdianto, E. (2019). Penggunaan model pembelajaran direct instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 99-104. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.99-104
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Hernawati, L., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada penerapan e-learning berbasis google classroom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1616-1625. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27
Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh penerapan model scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249-256. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675
Murjani, N. M. S. (2019). Penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 264-270. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19263
Nasution, M. K., Irmayanti, I., & Julyanti, E. (2018). Efektivitas model pembelajaran direct instruction (DI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi pecahan kelas VII SMP Muhammadiyah-25 Rantauprapat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 4(2), 27-33. https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1313
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797
Patmawati, S., Misdalina, M., & Fitriasari, P. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X melalui model blended learning. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 210-217. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.412
Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model student facilitator and explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465-473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365
Purwanti, P., Mardiyana, M., & Indriati, D. (2021). The development of interactive multimedia based on mathematics to increase the mathematical connection ability in probability learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012047
Pusparini, N. N. (2020). Penggunaan model pembelajaran group investigation dengan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Journal of Education Action Research, 4(2), 232-239. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25018
Rahmawanto, R. (2018). Penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 83-90. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p083
Rais, M. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep. Jurnal Mekom, 2(1), 10-24. https://doi.org/10.26858/mekom.v2i1.2576
Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87-96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709
Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama berdasarkan gaya kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 28-41. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2567
Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah, F. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar melalui pembelajaran daring dengan aplikasi whatsapp. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2683-2695. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907
Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262
Tona, T., Kesumawati, N., & Marhamah, M. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran LAPS-Heuristic. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 417-426. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6005
Utari, F. R., Marlina, M., & Kasiyati, K. (2020). Pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap keterampilan tata boga anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 21-26. https://doi.org/10.24036/jpkk.v4i1.108
Wahyuningsih, W. S. (2019). Penerapan metode latihan mandiri untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 149-155. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1813
Warniti, G. A. (2020). Model pembelajaran direct instruction dengan metode study kasus untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 95-100. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30197
Wulandari, N., Septyani, N., & AS, J. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan multimedia power point untuk konsep sistem saraf di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 1(2), 39-44. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i2.485
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i1.1164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center