Penerapan model direct instruction berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Krismolita Krismolita(1), Beni Junedi(2), Mohamad Bayi Tabrani(3), Mira Marlina(4),


(1) STKIP Insan Madani Airmolek, Indragiri Hulu, Riau, Indonesia, 29352
(2) Universitas Bina Bangsa, Kota Serang Banten, Indonesia, 42124
(3) Universitas Bina Bangsa, Kota Serang Banten, Indonesia, 42124
(4) Universitas Bina Bangsa, Kota Serang Banten, Indonesia, 42124

Abstract


This study aims to improve students' mathematical concept understanding skills through the Direct Instruction learning model based on multimedia presentations. This research is an experimental study with a research design of One Group Pretest Posttest Design. The data collection technique used a test of students' mathematical understanding of five questions and data analysis was carried out using prerequisite tests (normality test and homogeneity test) and hypothesis testing (t test). The average understanding of students' mathematical concepts has increased in each item based on the pretest and posttest questions given. It can be concluded that there is an increase in the ability to understand students' mathematical concepts through the Direct Instruction learning model based on multimedia presentations.

Keywords


Direct instructions; multimedia presentations; understanding mathematical concepts

Full Text:

PDF

References


Adi, W. A., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran matematika materi bangun datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 288-294. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19498

Agustina, R. L., & Hidayatullah, S. (2018). Penerapan model pembelajaran direct instruction dipadukan dengan snowball drilling untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Jejangkit Muara 2. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 136-145. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.100

Amintoko, G. (2020). Model pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar definisi limit bagi mahasiswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 7-12. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.549

Anzar, Z., Arvyaty, A., Busnawir, B., & Fahinu, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-54. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5643

Argawi, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: Ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Dinissjah, M. J., Nirwana, N., & Risdianto, E. (2019). Penggunaan model pembelajaran direct instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 99-104. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.99-104

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Hernawati, L., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada penerapan e-learning berbasis google classroom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1616-1625. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27

Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh penerapan model scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249-256. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675

Murjani, N. M. S. (2019). Penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 264-270. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19263

Nasution, M. K., Irmayanti, I., & Julyanti, E. (2018). Efektivitas model pembelajaran direct instruction (DI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi pecahan kelas VII SMP Muhammadiyah-25 Rantauprapat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 4(2), 27-33. https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1313

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797

Patmawati, S., Misdalina, M., & Fitriasari, P. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X melalui model blended learning. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 210-217. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.412

Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model student facilitator and explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465-473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365

Purwanti, P., Mardiyana, M., & Indriati, D. (2021). The development of interactive multimedia based on mathematics to increase the mathematical connection ability in probability learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012047

Pusparini, N. N. (2020). Penggunaan model pembelajaran group investigation dengan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Journal of Education Action Research, 4(2), 232-239. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25018

Rahmawanto, R. (2018). Penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 83-90. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p083

Rais, M. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep. Jurnal Mekom, 2(1), 10-24. https://doi.org/10.26858/mekom.v2i1.2576

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87-96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709

Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama berdasarkan gaya kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 28-41. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2567

Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah, F. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar melalui pembelajaran daring dengan aplikasi whatsapp. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2683-2695. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907

Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49-60. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262

Tona, T., Kesumawati, N., & Marhamah, M. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran LAPS-Heuristic. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 417-426. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6005

Utari, F. R., Marlina, M., & Kasiyati, K. (2020). Pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap keterampilan tata boga anak tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 21-26. https://doi.org/10.24036/jpkk.v4i1.108

Wahyuningsih, W. S. (2019). Penerapan metode latihan mandiri untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 149-155. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1813

Warniti, G. A. (2020). Model pembelajaran direct instruction dengan metode study kasus untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 95-100. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30197

Wulandari, N., Septyani, N., & AS, J. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan multimedia power point untuk konsep sistem saraf di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 1(2), 39-44. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i2.485




DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i1.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Didactic Mathematics

Mahesa Research Center