Hubungan frekuensi belajar dengan kemampuan matematis siswa

Helma Mustika(1), Gundala Asri(2), Sukiyanto Sukiyanto(3),


(1) STKIP Insan Madani Airmolek
(2) STKIP Insan Madani Airmolek
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract


This research is motivated by the student's interest in learning in developing the potential for mathematical understanding which is still low. The purpose of this study was to determine the relationship between learning frequency and students' mathematical abilities. This study uses a survey research design with a descriptive correlational method. The data in this study are the results of a study of documentation and questionnaires conducted on students in mathematics. Based on the results of the correlation hypothesis test, the relationship was 36.7%. It can be concluded that the frequency of learning with the mathematical ability of class X science students has a positive weak correlation. This means that there is a relationship between the frequency of learning with the mathematical ability of class X science students. Where if the frequency of student learning is high, the higher the student's mathematical ability.


Keywords


Hubungan;Frekuensi belajar; kemampuan matematis

Full Text:

PDF

References


Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2), 81-97.

Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi proses pembelajaran dengan pendekatan systems thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 31-38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran (hal. 1–17). https://www.academia.edu/45427412/Belajar_dan_Pendekatan_Pembelajaran

Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 3(2), 141-148.

Herawati, H. (2018). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Hidayah, S. N. (2014). Hubungan frekuensi belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar melakukan proses administrasi transaksi siswa kelas XI SMK Kasatrian Solo Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skrispsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115-125.

Muniroh, A. H.(2021). Pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 srengat pada Materi Barisan dan Deret. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mutatohirina, M. (2018). Komparasi hasil belajar matematika ditinjau dari frekuensi waktu belajar dan gaya belajar pada siswa SMP Negeri 5 Surakarta Tahun 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lailiyah, N. A. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. Skripsi thesis, UIN SATU Tulungagung

Purmadi, A. (2016). Hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 77-85. https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.613

Suranto. (2015). Pengaruh frekuensi belajar dan prestasi belajar dasar akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar praktek akuntansi mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 329–339.




DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i1.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Didactic Mathematics

Mahesa Research Center