Hasil belajar materi lingkaran siswa sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD
(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Haji Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan maslow, teori dua faktor Herzberg, teori X Y Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.33021/firm.v4i2.780
Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–69. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Brown, G., & Desforges, C. (2006). Piaget’s theory (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203715796
Bruner, J. (1984). Vygotsky’s zone of proximal development: The hidden agenda. New Directions for Child and Adolescent Development, 1984(23), 93–97. https://doi.org/10.1002/cd.23219842309
Hasnah, H. (2022). Penerapaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas VI SDN 30/X Kampung Laut T.A 2021/2022. Journal on Education, 4(2), 474–485. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.461
Komara, E., & Mauludin, A. (2016). Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) dan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru. PT Refika Aditama.
Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD. Universitas Terbuka.
Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan pemahaman konsep matematis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten pada materi lingkaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.80
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Prabandari, E. (2017). Modul diklat keahlian ganda pemanfaatan hasil penilaian. Dirjen GTK Kemendikbud.
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 99. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Reiser, B., & Tabak, I. (2014). Scaffolding. In R. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (Cambridge Handbooks in Psychology, pp. 44-62). Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139519526.005
Samsuri, S. (2020). Pembelajaran materi luas trapesium dan lingkaran menggunakan model kooperatif tipe STAD siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40877
Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Sappaile, N. (2019). Hubungan pemahaman konsep perbandingan dengan hasil belajar kimia materi stoikiometri. JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta, 10(2), 58–71.
Siregar, L. N. K. (2017). Korelasi pemahaman konsep aljabar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(1), 22–33. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/154/134
Slameto, S. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative learning teori, riset dan praktik. Nusa Media.
Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 176–186. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Temon, A. I. N., & Yogantara, I. W. L. (2019). The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 012165. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631
Trianto, T. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Kencana Prenada Media Group.
Untari, E. (2017). Eksperimentasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.952
Wardhani, I. A. K., & Wihardit, K. (2022). Penelitian tindakan kelas. Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center