Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui model project-based learning
(1) STKIP Al Maksum, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20814
(2) Akademi Perniagaan dan Perusahaan APIPSU Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20123
(3) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia, 22716
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat Project-Based Learning berbantuan ICT: Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 351-362. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.4160
Bina, N. S., & Ramadhani, R. (2021). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 84–92. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2479
Dewi, S., Rizal, S., & Johar, R. (2019). Pengembangan modul matematika diskrit berbantuan software wxMaxima. Jurnal Peluang, 7(2), 56-65. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13747
Djamaluddin, A. & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: Penerbit CV Kaaffah Learning Center;
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2021). Meningkatkan resiliensi matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar melalui pendekatan differentiated instruction. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 42-49. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617
Fatimah, A. E., Purba, A., & Siregar, Y. A. (2020). Hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151-157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Hairunisa, H., Hakim, A. R., & Nurjumiati, N. (2019). Studi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kreativitas mahasiswa program studi PGSD Pada mata kuliah konsep dasar IPA. jurnal pendidikan MIPA, 9(2), 93-96. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 3(2), 19-25
Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan model pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30
Manalu, A. C. S. dan Afrilianto, M. (2020). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Pasundan 9 Bandung pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan pendekatan konstektual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 363-370. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p
Munir, R. (2010). Matematika diskrit: Edisi 3. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh penggunaan model project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88-95. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149-160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas model project based learning pada mata kuliah vulkanologi terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210-214. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i2.2041
Oktaviana, D. & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika diskrit dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186-191. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain. (2019). Pengaruh penggunaan model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Biologi Science and Education, 8(1), 29-41. http://dx.doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141-152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470
Serin, H. (2019). Project based learning in mathematics context. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(3), 232-236. https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i3p232
Sofyan, Y., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis model project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 129-142. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5832
Suhada, D. (2022). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 3274–3285. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8718
Zega, A. (2021). Penerapan model project based learning (pjbl) dalam mata kuliah konstruksi bangunan pada mahasiswa prodi teknik bangunan IKIP Gunungsitoli. Jurnal Edumaspul, 5(1), 622-626. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1884
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center