Peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran project-based learning melalui lesson study
(1) Universitas Hamzanwadi
(2) SMA Negeri 1 Labuhan Haji
(3) Universitas Hamzanwadi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning. Educational Psychologist, 26(3-4), 369–398. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653139
Dewey, J. (1959). The school and society. Chicago: University of Chicago Press.
Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan hasil belajar listrik dinamik menggunakan strategi pembelajaran team assisted individualization melalui simulasi crocodile physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 105–111. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.110
Helle, L., Tynjälä, P., Olkinuora, E., & Lonka, K. (2007). 'Ain't nothin' like the real thing'. Motivation and study processes on a work-based project course in information systems design. The British Journal of Educational Psychology, 77(Pt 2), 397–411. https://doi.org/10.1348/000709906X105986
Helmayunita, N., Handayani, D. F., Serly, V., Yumna, A., & Helmy, H. (2022). Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui pelatihan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Abdimas UNWAHAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat UNWAHAS, 7(1), 65–71. http://dx.doi.org/10.31942/abd.v7i1.6564
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Hung, H-T. (2015). Flipping the classroom for English language learners to foster active learning. Computer Assisted Language Learning, 28(1), 81–96. http://dx.doi.org/10.1080/09588221.2014.967701
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2005) Project-based learning. In Sawyer, R. K. (ed) The cambridge handbook of the learning sciences (pp. 317–334). https://doi.org/10.1017/CBO9780511816833.020
Kuswanti, Y., Setiawani, S., & Lestari, N. D. S. (2017). Analisis soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama kelas VII berdasarkan dimensi kognitif trends international mathematics and science study (TIMSS). Jurnal Edukasi, 4(3), 25–29. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6156
Mustopa, M. Z. (2020). Peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan saintifik model pembelajaran window shopping (kunjungan galeri) pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII.8 SMPN I Praya tahun pelajaran 2019-2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 146–154. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1075
Negara, I. S. K. (2020). Peningkatan minat belajar mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif window shopping pada mata kuliah ekonomi pembangunan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), 105–110. https://doi.org/10.47492/jih.v9i1.36
Paizaluddin, P., & Ermalinda, E. (2016). Penelitian tindakan kelas (classroom action research): Panduan teoritis dan praktis. Bandung: Alfabeta.
Parhusip, B. R., & Wijanarka, B. S. (2018). Penerapan project based learning dengan lesson study untuk meningkatkan hasil belajar teknik pemesinan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i1.19117
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1), 89–96.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa Indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Putri, P. O. (2019). Implementasi model pembelajaran team game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Intersections, 4(2), 8–16. https://doi.org/10.47200/intersections.v4i2.496
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Saito, E., Imansyah, H., & Ibrohim, I. (2005). Penerapan studi pembelajaran (lesson study) di Indonesia: Studi kasus dari IMSTEP. Jurnal dalam Mimbar Pendidikan. 3, 24-32.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovaif dalam kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto, D. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Subadi, T. (2010). Lesson study berbasis PTK (penelitian tindakan kelas). Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Susisusanti, S., Wirahmad, I., & Syarifuddin, S. (2022). Penerapan metode pembelajaran EPA (eksplorasi, pengenalan, dan aplikasi konsep) dalam meningkatkan hasil belajar belajar siswa SMP Negeri 8 Donggo Satap materi operasi bilangan pecahan. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(2), 86–105. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i2.117
Thomson, S., Wernert, N., O’Grady, E., & Rodrigues, S. (2017). TIMSS 2015: Reporting Australia’s results. Melbourne: Australian Council for Educational Research (ACER).
Wirana, R., Abdi, A. W., & Maulidian, M. O. R. (2020). Penerapan Model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 5(4).
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448–453. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center