Studi korelasional: Meninjau kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar berdasarkan resiliensi matematis
(1) STKIP Al Maksum, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20814
(2) STKIP Al Maksum, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20814
(3) Akademi Perniagaan dan Perusahaan APIPSU, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20123
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achadiyah, I. (2023). Hubungan resiliensi matematis dengan berpikir kritis matematis siswa materi persamaan kuadrat (Doctoral dissertation). Kudus: IAIN Kudus.
Agustin, N., Noto, M. S., & Dewi, I. L. K. (2022). Construction of student mathematics resilience through the development of sainsmatika-based teaching materials. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(2). https://doi.org/10.29333/iejme/11835
Alvira, L. D., Ahyaningsih, F., & Minarni, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan ctl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2253–2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1621
Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis kemampuan koneksi ditinjau berdasarkan kemampuan resiliensi matematis siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253–262. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5582
Arbain, A., & Sirad, L.O. (2023). Menguatkan resiliensi matematis dan literasi numerasi siswa sekolah dasar melalui inovasi pembelajaran kontekstual dan konstruktif. AKSIOMA: Jurnal program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 908–921. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6548
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian pustaka: Resiliensi dalam pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Dewi, W. A. F., & Wardani, K. W. (2021). Metaanalisis efektivitas model pembelajaran inquiry dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1241–1251. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.915
Fatimah, A. E., Purba, A., & Siregar, Y. A. (2020). Hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah Matematika dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151–157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Fatimah, A. E., & Fitriani, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari resiliensi matematis mahasiswa pendidikan teknik informatika dan komputer. Journal of Didactic Mathematics, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i2.871
Fatimah, A. E., & Lubis, H. (2021). Analisis kebutuhan dalam pengembangan modul matematika dasar berorientasi HOTS untuk meningkatkan resiliensi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 104–111. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18221
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2022). Interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan discovery dengan gaya belajar mahasiswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Journal of Didactic Mathematics, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i1.1163
Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229–243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001
Handayani, H. (2020). Pengaruh implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 50–60. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
Hasanah, N., Rajagukguk, K. P., & Shafa, I. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Sintaksis, 2(2), 24–30. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/97
Ishak, N. H. F. B., Yusoff, N. F. B. M., & Madihie, A. (2020). Resilience in mathematics, academic resilience, or mathematical resilience?: An overview. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 34–39. http://dx.doi.org/10.13189/ujer.2020.081905
Istiqomah, J., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.553
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren penelitian keterampilan berpikir kritis pada jurnal pendidikan dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model inquiry learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Lee, C., & Ward-Penny, R. (2022). Agency and fidelity in primary teachers’ efforts to develop mathematical resilience. Teacher Development, 26(1), 75–93. https://doi.org/10.1080/13664530.2021.2006768
Naldi, W. (2023). Peningkatan numerasi dan resiliensi matematis siswa kelas V sekolah dasar melalui pembelajaran realistic mathematics education (RME) (Doctoral dissertation). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Pulungan, D. A., Retnawati, H., & Jaedun, A. (2022). Mathematical resilience: How students survived in learning mathematics online during the covid-19 pandemic. Qualitative Research in Education, 11(2), 151–179. https://doi.org/10.17583/qre.9805
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis pendekatan investigasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., Kelana, J. B., Firdaus, A. R., & Fauzi, M. R. (2020). Analysis of elementary school students’ mathematical resilience during learning during the covid 19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 012001. https://doi.org/1088/1742-6596/1657/1/012001
Ridlo, A. Z., Sunismi, & Rukmigarsari, E. (2021). Pengaruh habit of mind dan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis materi pola bilangan pada peserta didik kelas VIII MTS Ma’arif Sukorejo. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(12), 100–105. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12137
Rifdah, Priatna, N., & Cahya, E. (2020). The enhancement of critical thinking ability and mathematical resilience in junior high school students with a model eliciting activities. ICMScE, 5, 70–76.
Setiawan, Y. B., & Sumarah, I. E. (2019). Pendampingan penerapan bimbingan pribadi dan bimbingan belajar matematika untuk membangun resiliensi siswa kelas 6 SD Cahaya Bangsa Utama. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.341
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitaitif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, F. N., & Indarini, E. (2021). Meta analisis pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis pada matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 887–894. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.852
Wahidah, F., & Miatun, A. (2022). Profil kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan resiliensi matematis siswa SMA pada pembelajaran new normal. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 172–184. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.8375
Wahyuni, F., Siagian, M. D., & Fatimah, A. E. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy: Studi korelasional. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 98–105. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1902
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Yuniar, S., Nafiah, M., & Siregar, R. (2022). Hubungan antara resiliensi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4124–4131. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2666
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 325–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v5i2.2276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center