Penerapan model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
(1) Institut Agama Islam Negeri Ternate, Ternate, Maluku Utara, Indonesia, 97727
(2) Institut Agama Islam Negeri Ternate, Ternate, Maluku Utara, Indonesia, 97727
(3) Institut Agama Islam Negeri Ternate, Ternate, Maluku Utara, Indonesia, 97727
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmar, H., Budi, P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning: Literature review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 10–17. https://journal.um-surabaya.ac.id/JKM/article/view/3949
Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233
Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.
Anjani, A. D., Aulia, D. L. N., & Suryanti, S. (2022). Metodologi penelitian kesehatan.
Argusni, R., & Sylvia, I. (2019). Implementasi pelaksanaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.9
Badan Satuan Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Model penilaian kelas. Depkdinas.
Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi penelitian ekonomi dan bisnis. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Izniati, N. A. (2022). Penerapan pembelajaran new normal: Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan self regulated learning siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(2), 12–26. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/22405
Jannah, L. M. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Rajawali Press.
Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.
Permatasari, B. A. D., Setiawan, T. B., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, 6(2), 119–130. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1990
Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VII pada materi bentuk aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 639–648. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/9704
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/597
Rubianti, T., Priyatni, T., & Supriati, N. (2019). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar di kelas V. Jurnal Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(2), 82–89. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3143
Setiawan, T. H., & Aden, A. (2020). Efektifitas penerapan blended learning dalam upaya meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa melalui jejaring Schoology di masa pandemi Covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 493–506. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/5366
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216
Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1), 1–13.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v5i2.2288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center