The effect of team games tournament model assisted by snakes and ladder on students’ conceptual understanding in mathematics
(1) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Singkawang City, West Kalimantan, Indonesia, 79112
(2) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Singkawang City, West Kalimantan, Indonesia, 79112
(3) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Singkawang City, West Kalimantan, Indonesia, 79112
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MTS Negeri 1 Kota Ternate. Media Bina Ilmiah, 17(10), 2379–2384. http://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/416
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Aina, Q. N., & Pratiwi, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika UPTD SDN Burneh 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 176–184.
Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Analisis kesulitan siswa kelas V SD Negeri 4 Waeapo dalam memahami konsep pecahan [Analysis of difficulties of students in class V SD Negeri 4 Waeapo in understanding the concept of fractions]. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 2(3), 41–53. https://doi.org/10.47323/ujes.v2i3.170
Aningsih, A., & Asih, T. S. N. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada model concept attainment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 217–224. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/20600
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi ke-3). Bumi Aksara.
Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(3), 116–120. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475
Fadhillah, N. A., Wahyuningsih, T., Dwiyono, Y., & Iksam, I. (2025). Pengaruh model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPAS kelas IV sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 9(4), 1216–1226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i4.10609
Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika materi pecahan SD 1 Barongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 205–211. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4910
Korkmaz Guler, H., & Tarim, K. (2024). Investigation of 6th grade students’ conceptual understanding of fractions. Participatory Educational Research, 11(1), 40–58. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1421062.pdf
Larasati, D. A., Sutirna, S., & Aini, I. N. (2022). Analisis minat belajar peserta didik dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1015–1022. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/9921
Lestari, L., & Surya, E. (2017). The effectiveness of realistic mathematics education approach on ability of students. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91–100. https://www.gssrr.org/JournalOfBasicAndApplied/article/view/7545
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499
Mauliddina, L., & Sari, A. D. I. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika perkalian siswa kelas IV MI Tarbiyatul Banin Jambu Semampir Gresik. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 5(2), 333–348. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/214
Nahdi, D. S. (2017). Implementasi model pembelajaran collaborative problem solving untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 20–29. https://core.ac.uk/download/pdf/228882759.pdf
Ningrum, C. C. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri Kaliputih (Undergraduate thesis, IAIN Purwokerto). Institutional Repository.
Nurhasanah, A., & Rubiyanto, B. (2018). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1). https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1587
Octariani, D., & Panjaitan, A. C. (2020). Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 43–49.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The state of learning and equity in education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Penggabean, J. H., Siregar, M. S. D., & Rajagukguk, J. (2021). The effect of Teams Games Tournament (TGT) method on outcomes learning and conceptual knowledge in physics science. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1), 012054. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012054
Pulungan, N. I., Widodo, H., & Hasibuan, A. M. (2024). Pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi balok kelas V di SD Swasta PAB 6 Medan. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 182–191. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/32
Rahayu, B. A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga untuk pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 14–20. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12038
Solehah, H., & Setiawan, D. (2023). Kurikulum merdeka dan penilaian pembelajaran matematika dalam membangun generasi matematika yang kompeten (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23929–23940. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10406
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.85
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds. & Trans.). Harvard University Press.
Wicaksono, B., & Artha, L. F. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran online. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 61–74. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/928
Zailani, Z., & Tawarni, T. (2023). Pengaruh metode Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Swasta Nur Adia Medan. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.56114/edu.v2i1.558
Ziliwu, E. D., Zega, Y., Telaumbanua, Y. N., & Mendrofa, N. K. (2024). Minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Uptd SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara. Jurnal Suluh Pendidikan, 12(1), 26–37. https://doi.org/10.36655/jsp.v12i1.1459
Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang memengaruhi minat dan kesulitan belajar matematika siswa tingkat sekolah dasar. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.314
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v6i2.2746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center