Model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
(1) Universitas Malikussaleh
(2) Universitas Malikussaleh
(3) Universitas Malikussaleh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, Q., Kurniasih, N., & Sapti, M. (2012) Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Karakter Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kaligesing Tahun 2011/2012. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" Yogyakrta, 10 November 2012. Yogyakrta: Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Baron, J. B & Sternberg, R. J. (1987). Teaching Thinking Skills: Theory and Practice. New York: W. H. Freeman and Company.
Depdiknas. (2002). Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. http://www.physics.indiana.edu/~sdi
Harahap, L. H. (2019). Efekktivitas Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMK Kesehatan Sidimpuan Husada. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 39-48.
Hasratuddin. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hutagalung, A., & Harahap, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP Negeri 1 Pinangsori. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 15-23.
Ismaimuzah, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi, 63(2), 33-37.
Kemendikbud. Praturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 Pasal 2 Ayat 7 dan 8 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika SD. Forum Kependidikan, 28(2), 136-142.
Mahmuzah, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. Vol. 4. No. 1.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnostic pretest scores. American Association of Physics Teachers, 70(12), 1259-1268. Doi: 10.1119/1.1514215
Splitter, L. J. (1991). Critical Thinking: What, why, when, and how. Educational Philosophy and Teory, 23(1), 89-109.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Yuwanda, M., Chotimah, U., & Waluyati, S. A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 4(1), 101-113.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i2.865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center