Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari resiliensi matematis mahasiswa pendidikan teknik informatika dan komputer
(1) STKIP Al Maksum, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20814
(2) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan Sumatera Utara, Indonesia, 22716
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansori., & Hindriyanto. (2020). Analisis kemampuan koneksi ditinjau berdasarkan kemampuan resiliensi matematis siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253-262.
Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Fatimah, A. E., Purba, A., & Siregar, Y. A. (2020). Hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah Matematika dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151-157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2021). Meningkatkan resiliensi matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar melalui pendekatan differentiated instruction. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 42-49. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617
Goodall, J., & Johnston-Wilder, S. (2015). Overcoming mathematical helplessness and developing mathematical resilience in parents: An illustrative case study. Creative Education, 6, 526-535. Doi: 10.4236/ce.2015.65052
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. 356-360.
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Developing mathematical resilience. In: BERA Annual Conference 2010, 1-4 Sep 2010, University of Warwick.
Marlina, E., & Harahap, E. (2018). Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan resiliensi matematik melalui pembelajaran program linier berbantuan qm for windows. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(2), 59-70. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4431
Marcut, I. (2005). Critical thinking - applied to the methodology of teaching mathematics. Educatia Matematica, 1(1), 57–66.
Murtiyasa, B. (2016). Isu-isu kunci dan tren penelitian pendidikan matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), Surakarta: 12 Maret 2016.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43. Doi: 10.15294/JPE.V6I1.14511
Permatasari, D., Maziyah, K., & Fadila, R. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap mathematical resilience mahasiswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 249-258. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.479
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa smp. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa smp melalui pendekatan generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 67-77.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitaitif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2018). Hardskill dan softskill matematika serta kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Proceeding National Seminar of Mathematics Education Unswagati Cirebon. Cirebon.
Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 325-332. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah statistika Matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85-94.
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56-66. http://dx.doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i2.871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center