Interactive animation media and students' learning interest in learning mathematics in elementary schools
(1) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Aceh, Indonesia, 23111
(2) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Aceh, Indonesia, 23111
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28293
(4) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Aceh, Indonesia, 23111
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929
Asmayani, A., Nasrah, N., & Magfirah, N. (2023). Pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Makassar. Jurnal on Education, 6(1), 1269–1276. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3079
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). The students’ mathematical abstraction ability through realistic mathematics education with vba-microsoft excel. Infinity Journal, 7(2), 123–132. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p123-132
Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh penggunaan media vidio animasi terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika, 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657
Hidayati, P., Syafrizal, S. & Fadriati, F. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855
Isnayanti, I., & Harahap, M. S. (2020). Meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa di SMP Negeri 3 Padangsidempuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 117–122. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/922
Jafar, M. I., Sudirman, S., Muliadi, M., Bahar, B., & Makkasau, A. (2021). Pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik mata pelajaran matematika SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 11(3), 251–262. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i3.24368
Laura, S. N., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh media vidio animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 1 Bojongnegara. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.36
Liani, S., & Hasanah, R. U. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi berorientasi pada kemampuan spasial matematika siswa SMP. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 77–88. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1857
Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 93–103. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8638
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan saol materi bangun ruang sisi datar. MAJU, 7(1), 98–102. https://media.neliti.com/media/publications/503627-none-3c118fa0.pdf
Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analysis of students’ mathematics learning difficulty levels in using mathematical principles. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 9–17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091
Setyawati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Sugiyono, S. (2017). Metodelogi penelitian. Alfabeta.
Suharjana, A. (2008). Mengenal bangun ruang dan sifat-sifatnya di sekolah dasar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. https://repositori.kemdikbud.go.id/689/
Trismayanti, S. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di sekolah dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 141–158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Yulianti, A., Suyanti, S., & Kusuma, H. (2022). Pengaruh media pembelajaran animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 742–749. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/viewFile/3062/2421
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v5i3.2390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center